infiolinks

Tips Menjaga Motherboard MSI x570 Supaya Terhindar dari Kerusakan




Bagi Anda yang bukan gamer, pasti sedikit asing mendengar brand MSI. Perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1986 di Taiwan ini baru memulai segmentasi pasarnya di Indonesia sekitar tahun 2014. Perusahaan ini menyasar kalangan pengguna komputer tingkat tinggi. Produknya antara lain adalah komputer, laptop, CPU, motherboard MSI x570, dan beragam komponen lainnya.

Bagi para gamer, produk MSI sangat terkenal karena menjamin performa yang handal dan mendukung permainan game yang memuaskan. Untuk memainkan game tingkat tinggi tersebut tentu membutuhkan motherboard yang mumpuni dan memang didesain untuk bermain game. Artinya spesifikasinya melebihi komponen pada komputer atau laptop biasa. Maka tidak heran jika banyak yang kemudian membeli motherboard MSI tipe x570.

Agar Motherboard MSI x570 Tidak Mudah Rusak

Selain memberikan pengalaman bermain game yang handal, motherboard MSI dengan tipe x570 ini memiliki daya tahan yang tidak diragukan lagi. Namun sama halnya dengan barang yang lain, jika tidak dirawat dengan benar, bukan tidak mungkin motherboard sekeren ini akan mengalami kerusakan. Untuk menghindari kerusakan motherboard game karena faktor pengguna, kamu dapat menerapkan beberapa tips sebagai berikut :

1. Menjaga Power Supply tetap Stabil

Salah satu penyebab rusaknya motherboard yang bagus sekalipun adalah tidak normalnya aliran listrik yang mengalir pada komputer. Para gamers yang biasanya menggunakan komputer gaming, sangat dianjurkan untuk memeriksa power listrik yang ada di rumah.

Jika tegangan listrik berada di bawah kebutuhan, maka akan mengakibatkan aliran listrik yang mengalir ke komputer berkurang dan menghambat kinerja komputer. Selian itu tegangan yang naik turun juga mengakibatkan motherboard cepat sekali mengalami kerusakan.

Solusi untuk para pengguna komputer gaming adalah memastikan daya listrik mencukupi kebutuhan, menggunakan power supply berkualitas baik, dan menggunakan volt stabilizer. Gunanaya adalah meredam lonjakan tegangan sehingga arus listrik yang mengalir ke komputer menjadi stabil. Sedangkan untuk pengguna laptop, gunakan baterai original untuk mencegah ketidakstabilan daya.

2. Menjaga Suhu pada CPU

Motherboard dengan spesifikasi super sekelas MSI x570 pun dapat mengalami kerusakan jika suhu pada CPU terlalu panas. Komponen-komponen pada CPU seperti processor, harddisk, RAM, dan kartu VGA inilah yang sering mengalami overheat hingga merusak CPU. Sehingga sebagus apapun motherboard yang anda gunakan, dapat mengalami kerusakan jika komponen yang lain tidak dijaga.

Solusi untuk menjaga suhu pada CPU adalah dengan memastikan bahwa kipas berfungsi dengan baik. Jika Anda sangat sering memainkan game tingkat tinggi, maka tambahkan kipas tambahan untuk mencegah overheat. Selian itu jaga sirkulasi pembuangan panas supaya tidak tersumbat oleh apapun. Kurangi operasi aplikasi berat yang digunakan secara bersamaan.

3. Hindari Overcloking CPU

Jika Anda pengguna motherboard sekelas MSI tipe x570 maka sudah seharusnya komponen yang lainnya juga diupgrade untuk meningkatkan performa komputer. Namun jika belum, Anda harus berhati-hati saat ingin melakukan overcloking. Apalagi buat gamers yang sering melakukan overcloking tanpa pertimbangan.

Buat yang belum tahu, overcloking adalah perombakan komponen CPU seperti processor, RAM, VGA, dan harddisk supaya kinerja komputer lebih cepat. Jika tidak sesuai, dapat menyebabkan overheat dan pada akhirnya merusak motherboard. Alih-alih mengotak-atik sendiri tanpa pertimbangan, lebih baik Anda menggunakan software yang mampu membuang sampah sehingga performa komputer lebih cepat.

4. Upgrade Komponen CPU

Masih berkesinambungan dengan penjelasan sebelumnya, jika Anda menggunakan motherboard sekelas MSI, maka komponen yang lain harus Anda sesuiakan. Gunakan komponen yang memang didesain untuk memainkan game dengan spesifikasi yang handal. Hal ini tentu saja akan membuat komputer bekerja secara optimal.

Kamu dapat membeli komponen untuk komputer gamingmu di aplikasi Blibi.com yang menyediakan salah satunya adalah motherboard MSI x570. Anda akan mendapatkan penawaran terbaik dengan kisaran harga sekitar dua jutaan sampai sebelas jutaan tergantung tipe dan spesifikasi.

5, Pastikan Antivirus Berjalan dengan Baik

Satu hal yang penting dan harus diwaspadai ketika bermain game adalah virus. Komputer canggih sekalipun dapat mengalami kerusakan dan ketidakoptimalan fungsi jika terjangkit virus atau malware. Bahkan yang terparah dapat merusak motherboard. Maka gunakan antivirus dengan perlindungan tinggi supaya terhindar dari virus.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga motherboard terhindar dari kerusakan. Ingat, penentu lama atau tidak ketangguhan barang bukan hanya terletak pada kualitas namun juga bagaimana cara penggunaan dan perawatan. Semoga bermanfaat. 




Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates