infiolinks

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Zat Berikut untuk Menambah Nutrisi Ibu Hamil


Nutrisi ibu hamil memang salah satu hal penting yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan. Karena dengan nutrisi yang cukup inilah kondisi kandungan tetap terjaga dan si bayi pun ikut sehat. Jika kondisi kandungan sehat maka si bayi bisa lahir dengan normal, sehat dan juga cerdas ketika dewasa nantinya.

Untuk itu agar nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil tidak hanya terpenuhi namun juga tercukupi secara berkelanjutan, maka bisa dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang cukup bagus dan dianjurkan sebagai asupan untuk ibu yang sedang hamil.

Ada banyak makanan dengan berbagai macam kandungan nutrisi yang baik yang dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil, diantaranya makanan dengan kandungan sebagai berikut : 

Asam folat

Dewasa ini banyak produk susu ibu hamil yang menawarkan susu dengan kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena memiliki peran yang penting untuk saraf otak si bayi. Selain itu juga membantu untuk menyeimbangkan jumlah sel darah putih dan sel darah merah pada bayi tetap dalam kondisi yang seimbang dan sehat.

Untuk itu pilihlah susu dengan kandungan asam folat yang bagus dan perhatikan porsi dalam konsumsi di setiap harinya sehingga jumlah yang dikonsumsi tidak kurang dan juga tidak kelebihan karena juga memiliki efek yang tersendiri.

Protein

Protein sebagai salah satu kandungan yang dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil karena memiliki peran dan fungsi penting bagi ibu hamil. Protein dipercaya mampu membantu sel atau jaringan yang rusak.

Ketika dalam kondisi hamil, si ibu juga membutuhkan banyak suplai darah, sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan darah.

Sering terjadi kasus ibu hamil yang ketika melahirkan atau bahkan ketika masih hamil kekurangan darah yang mana hal ini terjadi karena kurangnya asupan protein yang dikonsumsinya.

Yodium

Kandungan yodium nyatanya juga diperlukan bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Banyak ibu hamil yang tidak memperhatikan hal ini, pada hal akan berdampak pada perkembangan bayi nantinya, seperti gangguan pendengaran, cacat mental dan sebagainya.

Kalsium 

 
Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi ibu hamil adalah kalsium. Kandungan kalsium ini harus diperhatikan secara benar karena jika tidak bisa berdampak buruk khususnya ketika anak dalam masa pertumbuhan. Hal ini terlihat seperti gigi yang mudah keropos, ini menjadi salah satu tanda jika si ibu semasa hamil kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Kandungan kalsium ini bisa kita temukan dalam beberapa makanan dan minuman, salah satunya susu. Namun susu yang dikonsumsi ibu hamil ini juga perlu diperhatikan dan tidak sembarang susu bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ingin lebih jelas dengan mengetahui secara detail bisa untuk mengkonsultasikan dengan dokter kandungan.

Karbohidrat dan serat

Seperti yang kita tahu bahwa karbohidrat dan serat juga diperlukan bagi tubuh untuk memberikan energi agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Sama halnya dengan ibu hamil yang juga memerlukan energi yang besar karena pada dasarnya kebutuhan nutrisinya lebih banyak daripada sebelum hamil.

Untuk itu pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat dan serat terbaik namun juga jangan terlalu berlebihan. Usahakan agar tetap  seimbang namun kebutuhan energi tetap terpenuhi.

Demikianlah beberapa nutrisi yang perlu dikonsumsi dan dibutuhkan para ibu yang sedang hamil. Anda berkewajiban agar tetap terjamin karena hal ini semata-mata untuk kebaikan si janin sehingga ketika lahir hingga beranjak dewasa akan menjadi anak yang sehat, kuat, cerdas, dan memiliki daya tahan yang tinggi.
 



Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates