Senin, 05 Februari 2018

Inilah Tanda-tanda Awal Kanker Serviks yang Harus Anda Ketahui



Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti para wanita di seluruh dunia.

Kanker ini terjadi pada leher rahim, yaitu bagian bawah rahim yang berhubungan dengan daerah kewanitaan. Hampir semua kasus kanker serviks terjadi akibat infeksi HPV (human papillomavirus). Penyakit ini menyerang semua wanita yang telah aktif secara seksual tanpa melihat usia.

Beberapa hal yang bisa meningkatkan resiko seorang wanita untuk menderita kanker serviks adalah berhubungan seks tanpa pengaman (seks bebas), memiliki banyak pasangan seksual, memiliki berat badan berlebih, menggunakan pil KB, faktor genetika, merokok, memiliki daya tahan tubuh yang rendah, sering hamil dan kehamilan pertama terjadi saat berusia muda.

Salah satu hal paling menakutkan dari kanker ini adalah penderita tidak akan mengalami gejala apapun pada stadium awal. Gejala biasanya mulai muncul saat sel kanker telah menyebar ke kandung kemih, hati, usus atau paru-paru.

Karena keberhasilan pengobatan kanker serviks akan lebih tinggi bila sel kanker ditemukan pada stadium dini, maka segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila Anda mengalami beberapa gejala di bawah ini :

1. Pendarahan yang tidak normal
2. Nyeri panggul
3. Debit yang aneh
4. Kelelahan

Jangan biarkan gejala-gejala di atas untuk tindakan pencegahan dari kemungkinan penyakit kanker serviks yang bisa saja kemungkinan menyerang para wanita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar