Rabu, 15 November 2017

Ingat! Tidak Semua Jenis Penyakit Perlu Antibiotik


Info penting bagi kita yang awam masalah obat!
 
Selama ini kita sering diberi obat yang termasuk antibiotik saat berobat ke dokter. Apa itu antibiotik? Obat antibiotik pada dasarnya adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Jadi dari sini jelas bahwa penyebab penyakit yang menjadi pokok penggunaan obat antibotik yaitu karena bakteri. Diluar bakteri tentunya tidak perlu obat antibiotik. Hal ini yang masih ada kesalahpahaman terhadap penggunaan antibiotik.

Penggunaan obat antibiotik yang dipaksakan
maka akan menyebabkan terjadinya resistensi antibiotik karena penggunaannya yang tidak sesuai. Minum antibiotik saat sakit panas, batuk, flu, pasti pernah dialami seseorang. Namun faktanya ketiga penyakit tersebut tidak perlu menggunakan antibiotik untuk mengobatinya.

"Penyakit seperti gejala flu, batuk, muntah, dan diare tanpa darah itu bukan disebabkan oleh bakteri. Obatnya bukan dengan antibiotik tapi dengan banyak istirahat, makan secukupnya." tutur Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dra Maura Linda Sitanggang, Apt, PhD. seperti dilansir detikhealth (14/11/17).

Ketua Bidang Kajian Obat dan Farmakoterapi Ikatan Dokter Indonesia, Dr H. Masfar Salim, MS, SpFK, juga mengatakan bahwa panas, batuk, dan flu adalah gejala dari infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang disebabkan oleh virus.

"Flu,batuk,panas merupakan gejala yang disebabkan oleh virus dan gejala tersebut bukan merupakan indikasi antibiotika." tuturnya.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar