Senin, 06 November 2017

Info Bagi Anda yang Ingin Panjang Umur


Berat badan merupakan faktor yang penting dalam hidup dan kesehatan seseorang. Dalam sebuah penelitian baru mengungkapkan kunci untuk umur yang lebih lama. Dari hasil penelitian itu ditemukan hubungan berat berat badan yang sehat dan tingkat harapan hidup seseorang.

Dilansir dari jpnn.com (5/11/2017), sebuah studi besar di Inggris telah mengungkapkan berbagai faktor yang bisa meningkatkan harapan hidup, termasuk mempertahankan berat badan yang sehat dan pendidikan.

Dilakukan oleh para periset dari Universitas Edinburgh, tim peneliti tersebut menganalisis informasi genetik dari lebih dari 600.000 orang di samping catatan umur orang tua mereka dan memasukkan data dari 25 studi populasi terpisah dari Eropa, Australia dan Amerika Utara.

Telah diketahui bahwa beberapa pilihan gaya hidup sebagian dipengaruhi oleh DNA kita, misalnya peningkatan konsumsi alkohol.

Dengan mempertimbangkan hal ini, maka tim peneliti bisa menggunakan data tersebut untuk menghitung dampak berbagai gen tentang harapan hidup.

"Metode ini dirancang untuk menentukan faktor gaya hidup mana yang bisa menyebabkan orang hidup lebih lama atau lebih pendek," kata Profesor Jim Wilson dari Universitas Usher Institute di Edinburgh, seperti dilansir laman MSN.

"Kekuatan data dan genetika yang besar memungkinkan kami membandingkan efek berbagai perilaku dan penyakit dan membedakan antara hubungan dan efek kausal," jelas Wilson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mempertahankan berat badan yang sehat merupakan faktor penting yang memengaruhi harapan hidup, di mana mereka yang kelebihan berat badan ternyata mengurangi angka harapan hidup mereka hingga dua bulan untuk setiap kilogram ekstra berat yang dibawa.

Pendidikan juga dikaitkan dengan kehidupan yang lebih panjang.

Tim peneliti tersebut juga menemukan bahwa perbedaan DNA dan gen terkait dengan sistem kekebalan tubuh dan bisa meningkatkan harapan hidup hingga setengah tahun, sedangkan gen yang memengaruhi kadar kolesterol darah ditemukan bisa mengurangi umur hingga sekitar delapan bulan.

Lemak tubuh dan faktor lain yang terkait dengan diabetes ternyata juga memiliki pengaruh negatif terhadap harapan hidup. Temuan ini bisa ditemukan dipublikasikan secara online di jurnal Nature Communications.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar